Pregnancy

Cintai Keindahan Perubahan Tubuh Saat Hamil

Ada sederet keindahan di balik perubahan tubuh Anda selama hamil. Maka cintai tubuh hamil Anda yang indah itu.

Rambutku indah. Selama hamil, jumlah rambut yang biasanya rontok akan jauh berkurang. Ini karena hormon estrogen meningkat kadarnya, sehingga memperpanjang usia setiap helaian rambut Anda. Rambut Anda akan tumbuh subur dan bertambah panjang. Anda akan memiliki rambut yang tebal dan berkilau. Model panjang atau pendek, rambut Anda akan tetap terlihat indah!

Wajahku
indah. Hormon progesteron yang meningkat kadarnya selama hamil kadangkala akan membuat kulit menjadi lebih kering, atau sebaliknya, menjadi lebih berminyak. Jaga kekenyalan kulit wajah dengan rutin memakai pelembab wajah pada siang dan malam hari. Untuk Anda yang berkulit berminyak, oleskan pelembab berbahan dasar air. Bila kulit berbercak cokelat atau menggelap selama hamil –disebut kloasma– maka agar tidak semakin gelap, gunakan krim tabir surya SPF 30. Dengan tepat merawat kulit wajah, wajah Anda pun tampak berkilau sehat dan cantik.

Payudaraku indah. Impian untuk memiliki payudara yang ‘berisi’ akan terwujud saat hamil. Dalam proses mempersiapkan produksi air susu, kelenjar-kelenjar air susu di dalam kedua payudara secara bertahap akan terisi air susu dan membuat ukuran payudara Anda bertambah minimal satu ukuran dari BH yang biasa dipakai. Aktivitas di dalam kelenjar-kelenjar air susu pada payudara kadang-kadang menimbulkan rasa gatal. Rawatlah  krim khusus untuk perawatan payudara selama hamil dan masa menyusui. Dengan rajin merawatnya, payudara tak hanya akan nampak indah tapi juga akan mampu memproduksi air susu yang cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi kelak.

Perutku indah. Amati tahapan perubahan bentuk perut Anda sambil membayangkan sesosok makhluk mungil yang sedang tumbuh di dalamnya. Tubuh Anda sangat luar biasa karena mampu menciptakan keajaiban, sebagai tempat hidup cikal bakal seorang manusia. Keindahan kulit perut akan tetap terjaga bila Anda rajin mengoleskan krim pelembab khusus untuk mengurangi timbulnya stretch mark. Hindari menggaruk kulit perut yang terasa gatal akibat perut meregang Anda mengikuti pertambahan ukuran janin Anda.

Kakiku indah. Ketika usia kehamilan memasuki trimester 3, akan semakin banyak darah yang harus diedarkan ke janin serta seluruh tumbuh Anda, termasuk kaki. Seringkali karena adanya tekanan pada pembuluh-pembuluh darah balik di daerah rongga panggul dari tubuh janin yang kian membesar, aliran darah dari arah kaki menjadi agak terhambat. Inilah yang menyebabkan kaki menjadi terlihat lebih “gemuk” dari biasanya. Tak jarang ukuran sepatu bertambah 1-2 nomor. Inilah kesempatan bagus untuk belanja sepatu atau sandal baru  bermodel cantik, tanpa hak yang nyaman dipakai. Dengan alas kaki baru, kaki akan tetap terlihat indah! Apalagi bila Anda rajin melakukan perawatan kaki –dengan gel khusus untuk mengurangi kelelahan pada kaki maupun mengistirahatkan kaki dengan meletakkannya di atas pengganjal.

 

Mood Swing Calon Ibu
Selama kehamilan, sangat normal apabila calon ibu mengalami mood swing, emosi dan suasana hati yang naik turun. Ada yang mengalami hal itu masih dalam batas-batas yang ringan dan mudah diatasi, tapi ada juga yang sudah hampir mencapai tahap depresi. Penyebab internalnya adalah perubahan tubuh dan hormonal ibu.

Mood swing atau yang biasa disebut sindrom pre-baby blues ini memang biasa terjadi, namun harus juga segera diatasi dan jangan dibiarkan berlarut-larut. Jika tidak, mood swing ini bisa berujung pada depresi dan bila tidak ditangani secara tuntas, bisa menjadi akar dari baby blues atau post partum depression.

Apa tandanya? Ayo, Bunda, kenali tanda-tanda awalnya, agar tidak berkelanjutan. Pernahkah Anda mengalami ini?

  • Merasa tidak percaya diri jadi ibu.
  • Khawatir keselamatan janin sampai tidak bisa tidur.
  • Fluktuasi rasa sedih, kesal, gembira, yang ekstrem.
  • Rasa sedih atau kelabu yang dalam tanpa sebab.
  • Ingin menyendiri sementara sampai merasa nyaman bertemu orang lain.
Jika pernah, tenang, Bunda. Itu masih gejala mood swing yang normal dan biasa terjadi, namun harus diatasi sejak dini. Coba sekali lagi cek yang satu ini:
  • Calon ibu tidak bisa berkonsentrasi, mengingat, atau mengambil keputusan.
  • Mengganggu pekerjaan dan aktivitas sehari-hari.
  • Mengganggu hubungan calon ibu dengan orang-orang di sekitarnya.
  • Calon ibu tidak bisa mengurus diri sendiri, keluarga dan anak (apabila ini adalah kehamilan kedua).
  • Kondisi calon ibu mengancam keselamatan janin (misalnya, menolak makan, atau minum, sampai keinginan untuk bunuh diri).
Anda harus lebih waspada jika mood swing sudah sampai mengganggu aktivitas sehari-hari Anda seperti yang terjadi pada cheklist di atas.

Atasi segera! Fluktuasi emosi yang sering terjadi selama kehamilan harus diatasi segera. Bagaimana caranya?

  • Butuh dukungan. Selama calon ibu mendapat cukup dukungan dari orang-orang sekitar, merasa bahagia, memiliki pandangan positif terhadap kehamilan, maka calon ibu akan bisa survive.
  • Asupan gizi dan istirahat cukup.
  • Psikolog atau psikiater. Jika mood swing sudah sangat mengganggu kegiatan sehari-hari calon ibu, jangan ragu untuk konsultasi ke psikolog atau psikiater.
  • Informasi utuh. Tentunya calon ibu ingin memberikan stimulasi yang terbaik untuk bayinya dan berusaha mencari informasi sebanyak-banyaknya. Namun seringkali informasi itu tidak tepat dan malah membuat calon ibu menjadi tertekan. Untuk itu, ada baiknya jika calon ibu bertanya pada ahlinya untuk mendapatkan informasi yang utuh.
  • Atasi bosan. Anda bisa mengubah suasana rumah, penampilan, makanan, aktivitas pengisi waktu, atau melakukan hobi Anda, untuk mengatasi rasa bosan.
  • Hadiah untuk diri sendiri. Coba sesekali lakukan perawatan tubuh spesial ibu hamil, atau membeli buku bacaan favorit, atau CD lagu.
  • Suasana baru. Keluarlah dari rumah, cari udara segar, dan buat janji untuk bertemu dengan teman-teman yang bisa mengubah suasana atau menghibur.
  • Aromaterapi. Cobalah untuk rileks sambil menghirup aromaterapi yang bisa ‘mendongkrak’ mood Anda. Konsultasikan pada ahli aromaterapi untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.
  • Aktif secara fisik. Cobalah untuk melakukan senam atau yoga pra-natal, berjalan kaki, atau berenang.
Dan yang terpenting, belajar menerima, mengenali, dan beradaptasi dengan perubahan adalah kunci sukses menjadi ibu dan ayah baru. Jadi, apapun pengalaman Anda selama bertransformasi menjadi orang tua, itu adalah ‘guru’ terbaik bagi Anda dan si kecil.
Ketika Calon Bunda Harus Bedrest
Jangan putus asa kala menghadapi ‘vonis’ bedrest. Anggap saja itu hadiah dari dokter supaya Anda bisa beristirahat. Anda masih bisa kok melakukan berbagai hal seru dari atas tempat tidur!

Agar kehamilan optimal. Menurut Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG(K) Staf pengajar Departemen Obstetri dan Ginekologi FKUI/ RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta, tujuan utama dari bedrest adalah beristirahat agar kondisi tubuh ibu bisa optimal bagi pertumbuhan janin.  Namun walau harus bedrest, ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan agar tidak bosan. Menurut Dr. Ovy, Anda harus sesuaikan jenis kegiatan dengan kondisi kehamilan.  Karenanya, sebelum  mulai menjalani bedrest, pastikan Anda sudah memahami betul instruksi dokter selama harus menjalani masa istirahat.

Berikut sejumlah kondisi yang pada umumnya menyebabkan ibu hamil harus menjalani masa bedrest:

1. Kategori ‘Lampu Merah’. Dalam kondisi ini, beristirahat secara total di atas tempat tidur merupakan harga mati yang tak bisa ditawar lagi. Patuhi perintah dokter agar proses pemulihan kesehatan Anda berlangsung sempurna. Beberapa penyebab kondisi kategori ini:

  • Pertumbuhan janin terhambat. Harapannya dengan bedrest, janin dapat memperoleh asupan darah secara optimal. Dalam kondisi ini, posisi tidur telentang tidak disarankan karena dapat membuat pembuluh darah besar terjepit oleh rahim. Berbaringlah dengan posisi tubuh miring sehingga aliran darah ke plasenta menjadi lebih lancar.
  • Riwayat persalinan prematur. Bila sudah merasakan kontraksi sebelum persalinan cukup bulan, biasanya Anda yang pernah mengalami persalinan prematur akan dianjurkan untuk melakukan bedrest.
  • Masalah seputar mulut rahim. Lemahnya kondisi mulut rahim mengakibatkan mulut rahim mudah terbuka oleh tekanan janin. Posisi berbaring akan dapat mengurangi tekanan pada mulut rahim.
  • Kontraksi sebelum waktunya. Bedrest merupakan upaya tambahan disamping penggunaan obat-obatan yang sesuai untuk meredakan kontraksi dan menghindari persalinan prematur.
  • Perdarahan karena ancaman abortus atau karena plasenta previa. Lamanya waktu bedrest biasanya hingga perdarahan tidak terjadi lagi.
  • Pecah ketuban. Bila ketuban pecah sebelum waktunya, bedrest total di tempat tidur amat disarankan. Posisi berbaring yang dianjurkan adalah miring dengan letak kepala lebih rendah dan kedua kaki agak ditinggikan.

Anda Masih Boleh Melakukan:

  • Membaca. Ini waktunya menuntaskan setumpuk novel yang sudah lama terabaikan. Baca pula sejumlah majalah lifestyle supaya Anda tetap update dengan tren terbaru.
  • Ngobrol dengan sahabat atau saudara bisa membantu meringankan ‘penderitaan’ Anda. Makanya, tempatkan telpon dan buku telpon dalam jangkauan.
  • Berkirim e-mail, chatting, menulis blog, atau belanja online, bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan laptop. Syaratnya, perhatikan cara memangku laptop agar tidak mendesak perut Anda. Biar sambil berbaring, aktivitas gaul bisa jalan terus. Asyik, kan?
  • Browsing informasi tentang kehamilan dan parenting. Selain alamat online Ayahbunda, Anda juga bisa singgah di www.ayahbunda.co.id dan jelajahi beragam fitur dan info penting seputar kehamilan.
  • Menulis diary untuk mencurahkan uneg-uneg. Untuk mencerahkan mood, baca kembali curhat Anda ketika mengalami hari yang menggembirakan.
  • Mematut diri bukanlah hal tabu bagi Anda yang sedang menjalani masa bedrest. Penampilan fresh dan chic bisa membantu memperbaiki mood Anda. Karenanya, letakkan kotak make-up di sisi tempat tidur. Siapa tahu para sahabat datang menjenguk Anda hari ini.
  • Manjakan diri dengan pijat. Anda bisa memanggil pemijat profesional yang berpengalaman memijat wanita hamil atau mintalah pasangan melakukannya.
  • Nonton film baru atau serial seru di DVD. Pilih yang alur ceritanya ringan dan menghibur, seperti film komedi romantis atau serial sitkom.
  • Menyulam, merajut, atau membuat kerajinan tangan lainnya. Terkesan seperti nenek-nenek? Tidak masalah, asalkan Anda memang menyukainya.
2. Kategori ‘Lampu Kuning.’ Dalam kondisi  ini, pada umumnya pasien masih bisa mendapatkan ‘keringanan’ dari dokter, berupa izin untuk melakukan sejumlah aktivitas ringan.
  • Morning sickness berat. Untuk mengurangi deraan rasa mual, Anda disarankan banyak beristirahat agar terhindar dari stres akibat aktivitas fisik dan beban pikiran.
  • Kehamilan dengan penyulit medik. Misalnya, Anda menderita penyakit infeksi seperti flu dan tipus, mengidap serangan asma, dan sejumlah penyakit lainnya. Dengan bedrest, diharapkan Anda lebih cepat pulih dari sakit.
  • Tekanan darah tinggi (preeklamsia). Bedrest dimaksudkan untuk mengurangi risiko tekanan darah berfluktuasi. Pada preeklampsia ringan, biasanya ibu hamil masih boleh melakukan aktivitas ringan. Dalam kondisi sebaliknya, Anda disarankan untuk bedrest total.
  • Kasus kehamilan ganda. Kehamilan ganda atau kembar berisiko tinggi diakhiri dengan persalinan prematur. Jika risiko persalinan prematur amat besar, Anda mungkin harus beristirahat total di tempat tidur.
Anda Masih Boleh Melakukan:
  • Inspeksi rumah. Kehadiran bayi kelak menuntut Anda menyediakan ruangan yang lebih luas dan aman. Seleksi barang-barang yang sudah tidak diperlukan lagi dan lapisi sudut perabot dengan pengaman khusus. Mintalah bantuan orang lain untuk mengerjakannya. Tugas Anda sebatas berkeliling dan memberikan instruksi saja.
  • Menyiapkan makanan. Jangan mengundang bahaya dengan memasak hidangan ‘besar’ semacam rendang atau kare. Siapkan saja penganan sederhana seperti membuat salad dengan dressing siap pakai atau sekadar mengoleskan selai pada french toast.
  • Olahraga. Yang dimaksud olahraga tidak selalu berarti kegiatan yang bersimbah keringat. Sekadar berjalan kaki sejauh beberapa meter atau menggerakkan kepala dan tangan ke berbagai arah juga sudah cukup memadai bagi Anda.
  • Creambath, potong rambut, atau manicure dan pedicure. Telpon salon langganan dan tanyakan kemungkinan Anda bisa mendapatkan layanan tersebut di rumah.

 

Janin Bisa Merasakan Cinta

Carista Luminare-Rosen, PhD, mengungkapkan sebuah penelitian yang membuktikan bayi dalam kandungan sudah punya kemampuan emosional dan intuisi untuk merasakan cinta kedua orang tuanya. “Janin sudah bisa melihat, mendengar, merasa, mengingat dan berpikir sebelum dia lahir,” tulisnya dalam buku “Parenting Begins Before Conception: A Guide to Preparing Body, Mind, and Spirit for You and Your Future Child”.

Bagaimana janin bisa merasakan emosi ibu? Apakah emosi itu menembus ke dalam plasenta? Cinta dirasakan janin lewat hormon-hormon yang dikeluarkan oleh tubuh Anda. Ibu yang stres akan membentuk banyak hormon stres yang disebut catecholamines yang turut dirasakan janin. Maka penting bagi calon ibu untuk berhenti mencemaskan berbagai hal: khawatir kondisi janin, persiapan melahirkan atau memikirkan cara mendidik anak. Nikmati saja kehamilan Anda saat ini sehingga Anda bisa membentuk ikatan dengan sang janin. Berusaha  santai dan rasional agar bayi merasa diinginkan dan dicintai. Bukankah ia buah cinta Anda dengan pasangan? Lakukan aktivitas yang bisa mengirimkan pesan cinta ibu dengan:

  • Ngobrol. Sejak usia 16 minggu janin mulai mendengar bunyi detak jantung Anda hingga suara perut Anda yang keroncongan. Di usia 25 minggu janin mulai mendengar suara dari luar kandungan. Ia bisa membedakan suara ayahnya dari suara pria lain saat sang ayah gobrol dengan beberapa orang. Ini saat tepat bagi Anda untuk sering-sering bicara pada janin. Katakan bahwa Anda mencintainya, terutama di kala berduaan dengan janin, misalnya saat mandi, santai sendirian di kamar atau sebelum tidur. Jadikan acara mengobrol ini sebagai bagian dari rutinitas Anda. Para calon ayah pun tak perlu merasa aneh berbicara di depan perut buncit istrinya.
  • Menyentuh. Meski bayi diselubungi air ketuban, bukan berarti Anda tak bisa menyentuhnya. Coba  tekan perut Anda dengan lembut, ia akan balik menekan perut Anda! Sama seperti suara, janin bisa membedakan sentuhan orang tuanya dengan sentuhan orang lain. Elus-elus perut Anda di bagian yang menonjol, buah hati Anda akan merasakannya. Bermain sentuhan bisa semakin menyenangkan dengan menggunakan minyak pijat aroma lavender atau mawar yang aman untuk membuat lingkaran memijat. Lanjutkan dengan menekan perut menarik garis lurus dari atas ke bawah sambil bicara dengan janin tentang  apa yang sedang Anda lakukan.
  • Menyanyi. Musik sebagai bahasa pralingustik, merupakan dasar kemampuan berbahasa bayi. Janin menyukai irama yang kuat dan teratur, maka senandungkan lagu-lagu ungkapan cinta untuknya. Jangan pernah risau atas kualitas suara Anda yang jauh dari merdu. Jika perlu, setel musik dan ikut bersenandung. Pilih lagu atau musik berirama seperti detak jantung. Hindari musik yang terlalu keras atau menghentak-hentak karena air ketuban memperkeras volume suara yang didengar janin. Mau tahu reaksi janin? Rasakan  gerakannya! Ketika dia lahir, lagu yang dulu sering Anda putar atau nyanyikan dan dia sukai, bisa membantu menenangkan anak.

 

Do’s and Dont’s Selama Bedrest

Pulihnya kondisi tubuh dan kesehatan janin dalam kandungan amat dipengaruhi oleh sikap Anda kala menjalani bedrest. Pelihara kondisi fisik dan mental Anda dengan melakukan hal berikut.

  • Posisikan tempat tidur di dekat jendela supaya pandangan Anda tidak terpaku ke dalam ruangan. Letakkan pot-pot tanaman hias supaya view dari jendela lebih menyegarkan.
  • Jika memungkinkan, gunakan ruangan berbeda untuk beristirahat di siang dan malam hari.
  • Jangan kenakan piyama sepanjang hari. Untuk ‘mengatrol’ mood, Anda boleh saja tampil dalam busana yang lebih modis, asalkan tetap nyaman dan mudah dikenakan.
  • Tak perlu ragu meminta bantuan orang lain untuk menghindari diri Anda dari kelelahan.
  • Letakkan suplai air mineral, buah-buahan dan makanan sehat lainnya di sisi tempat tidur. Pasalnya, rasa bosan terkadang membuat orang melahap makanan tak terkontrol.
  • Jangan lupa beristirahat. Bahkan pekerjaan ringan seperti membaca buku atau menulis juga akan mengonsumsi energi yang tak sedikit jumlahnya.
  • Jika Anda menggunakan aromatherapy untuk pemijatan, mengharumkan ruangan, atau mandi, pilihlah jenis wewangian yang aman dan tidak merangsang kontraksi pada rahim.
  • Jaga pikiran Anda tetap positif dengan membaca buku-buku pengembangan diri yang inspiratif dan membangkitkan semangat.

Di kutip dari http://www.ayahbunda.co.id

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s